Kamis, 13 Oktober 2011

Temukam aku, niscaya kau kaya.!

Setiap manusia berusaha bekerja bertebaran di muka bumi untuk memenuhi kebutuhan hidup, yang dicari manusia bukan hanya sampai pada pemenuhan kebutuhan hidup saja, tapi lebih jauh untuk bisa menyenangkan hidup. Bila kebutuhan hidup sudah tercukupi, maka kesenangan hiduplah yang jadi kejaran setiap manusia, karena hidup yang dipenuhi kesenangan itulah hidup bahagia. Lihatlah orang-orang dari keluarga berkecukupan, yang kebutuhan makanannya, pakaiannya mudah dan berlimpah, rumah dan kendaraan cukup tersediakan, maka alat-alat hiburan pribadi banyak memenuhi setiap ruang dalam rumahnya, wisata menjadi program rutin tiap mingguan, atau bulanan. Tidak sedikit terutama pada anak-anak muda yang lebih menonjolkan mencari kesenangan, sehingga hampir setiap panggung hiburan selalu dipenuhi anak-anak muda, menonton sambil mudah-mudahan bisa menemukan pasangan walaupun harus kroscek mengeluarkan cukup banyak uang. Semakin maju suatu negara, semakin sekuler hidup manusia, semakin menonjol perkembangan sarana hiburan. Aktris, aktor, pemain bola tidak sedikit yang dibayar milyaran walau hanya untuk satu atau dua kali penampilan.............. kuncinya adalah kesenangan. 

Alam dengan segala rahasia yang tersembunyi di dalamnya, alam dengan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya ALLAH SWT sediakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Manusia dengan akalnya berusaha menemukan dan menggali rahasia dan kekayaan yang terkandung di dalam alam untuk memenuhi kebutuhan dan kesenangan hidup. Alam dan manusia tidak bisa dipisahkan, karena manusia sendiri adalah merupakan bagian dari alam, yang tidak mungkin bisa hidup tanfanya. Kalau alam rusak maka akan rusak pula kehidupan manusia, kalau alam lestari dan sejahtera, maka akan sejahtera pula kehidupan materi manusia. Alam digali, dirusak atau dilestarikan manusia latar belakangnya sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup............... kuncinya adalah kebutuhan.

Ada 2 langkah manusia dalam usaha menemukan yang dibutuhkan untuk kehidupan, yaitu :
  • Manusia dengan hanya indranya mengambil kebutuhan hidup langsung dari alam, mengambil makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal dan obat-obatan langsung dari alam. cukup hanya dengan tenaganya, kaki tangannya, penglihatan dan pendengaran, serta peraba perasaan badan langsung mengambil yang bisa dimanfaatkan dari alam. Hanya dengan Pengetahuan indra dan alat sederhana manusia pegunungan dan pedesaan bisa memenuhi kebutuhan hidup sejahtera dan cukup kaya. Namun jika manusia sudah terlalu banyak, alam yang nampak sempit sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup. Manusia berpikir bagaimana caranya dengan daerah pertanian yang sempit, tumbuhan yang sedikit, hewan yang hidup liar hampir punah bisa memenuhi kebutuhan hidup.
  • Manusia berpikir bagaimana tanah yang sempit menghasilkan makanan yang banyak, apa di dalam tanah ada yang bisa dimanfaatkan, seperti tanah dan batu bisa dijadikan kebutuhan hidup jadi uang, jadi peralatan dll,  apa dari pohon-pohon bisa dimanfaatkan seperti dijadikan kertas dan pakaian. Manusia meneliti menyelidiki dalam laboratorium yang disediakan, dan ditemukananlah sesuatu yang dibutuhkan oleh orang banyak. Mata air dikemas dijual pada orang banyak, batu kapur dibuat semen dijual pada orang banyak, dari kayu dibuat kertas, dari serat-seratnya dibuat pakaian, dari daun-daun dan akar-akaran dibuat obat dikemas dan dijual, dll. Dengan Pengetahuan ilmu dan mesin-mesin manusia memenuhi kebutuhan hidup banyak manusia. Dengan pengetahuan ilmu banyaklah orang-orang menjadi kaya raya............. kuncinya bisa memenuhi yang dibutuhkan orang banyak.   
Aku adalah yang sesuatu yang dibutuhkan orang banyak, oleh karena itu temukanlah aku niscaya kamu bakal menjadi orang kaya.

Alam penuh dengan rahasia yang bisa digali untuk ditemukan sesuatu yang bisa memenuhi, menyenangkan orang banyak. Temukanlah dari udara, dari air, dari tanah, dari batu, dari kayu, dari besi, dari pohon dll yang bisa dijadikan sesuatu yang dibutuhkan orang banyak, niscaya kamu bakal menjadi orang kaya, minimal kaya dengan penghargaan.

Melalui pergaulan temukanlah sesuatu yang menjadi orang lain suka dan senang, sebab lebih banyak orang menyukai kita akan lebih mudahlahlah datangnya rejeki dan kekayaan.

Melalui pelajaran, temukanlah ilmu yang dibutuhkan oleh orang banyak, niscaya kamu akan menjadi orang yang kaya dengan kehormatan.

Melalui internet, temukanlah sesuatu yang dibutuhkan, disukai, dan disenangi orang banyak, niscaya kamu bakal menjadi orang kaya.

Melalui organisasi, temukanlah sesuatu yang dibutuhkan, disukai, dan disenangi banyak anggota, niscaya kamu bakal menjadi pemimpin.

Aku berada pada segala sesuatu, oleh karena itu temukanlah aku, niscaya kamu bakal menjadi orang kaya...............

2 komentar:

  1. tak sedikit orang yang bergelimang harta tetapi hidupnya tidak nyaman dan hatinya tidak tentram. aku ingin menjadi orang yang merasa kaya dan tentram walau dengan harta yang secukupnya...
    ditunggu karya selanjutnya!

    BalasHapus
  2. setuju teh.... mudah2an kita termasuk orang yg bahagia lahir dan juga batin...

    BalasHapus